Tentang Kami /

Di bawah ini anda akan mendapatkan banyak informasi tentang lembaga kami

Tentang Kami

SURVEI merupakan salah satu cara untuk mengetahui cara pandang masyarakat dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang tentunya telah S teruji secara empiris dan dapat dipertangungjawabkan secara akademis. Dengan menggunakan metodologi yang sudah teruji kebenarannya dan dilaksanakan dilapangan secara baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan, tentunya akan didapat data yang objektif, akurat dan dipercaya untuk melihat cara pandang masyarakat, meskipun menggunakan sample yang sederhana. Berawal dari prinsip dari kajian ilmiah dan cara pandang tersebut diatas, LEMBAGA KAJIAN PUBLIK INDEPENDEN (LKPI) didirikan 18 Maret 2006 berkeyakinan bahwa survei opini publik merupakan bagian dari salah satu sumbangan untuk melihat persepsi, harapan dan evaluasi publik. Opini publik harus dimonitor secara berkesinambungan dan akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi proses yang berlangsung dalam pembuatan berbagai kebijakan-kebijakan yang diambil untuk diputuskan dalam rangka membangun masyarakat yang sejahtera. Di berbagai negara-negara demokrasi yang telah maju, semakin banyak lembaga-lembaga survei atau lembaga polling yang kuat untuk merekam opini publik. Contohnya, di AS, ada GALLUP POLL, HARRIS POLL, ROPER atau CROSLEY POLL. Semua lembaga survei ini bertujuan untuk merekam apa yang dikehendaki masyarakat, bagaimana masyarakat menilai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah serta apa pendapat dan harapan mereka terhadap kebijakan yang dikeluarkan tersebut. Survei merupakan salah satu instrumen untuk membantu memotret dan mendekatkan keputusan-keputusan yang akan diambil dan mengukur dampaknya bagi publik terhadap keputusan yang akan ditetapkan. Dengan cara demikian, survei dapat dijadikan barometer untuk mengetahui aspirasi masyarakat para pembuat kebijakan untuk mengetahui pendapat publik. Survei dapat mengetahui tingkat kepuasan publik seberapa besar dampak yang ditimbulkan oleh para pembuat kebijakan dan pengambil keputusan di masyarakat. .

Mengapa Memilih Kami

Sesuai semboyan kami, AKURAN, OBJEKTIF dan PROFESIONAL, Potret hasil survei yang objektif, akurat dan terpercaya merupakan modal awal untuk menentukan langkah selanjutnya bagi para pengambil keputusan. Data yang akurat, objektif dan tanpa rekayasa merupakan harga mati bagi LKPI untuk menyajikannya kepada masyarakat. Untuk itu, LKPI yang juga tergabung dalam PERHIMPUNAN SURVEI OPINI PUBLIK INDONESIA (PERSEPI) berkomitmen akan memberikan data survei yang akurat, objektif, tanpa rekayasa dan paksaan dari pihak manapun.

HUBUNGI TEAM KAMI

Arianto

Direktur Eksekutif LKPI

Maria Rachmatika

Direktur Riset

M. Nurbadrudin

Peneliti Utama

Fadilah TF.

Peneliti

Sutrisno

Peneliti

Dr. Syamsul B.

Dewan Penasehat

Ulasan

"Ini kata testimony Gubernur Sumatera Selatan, H. HERMAN DERU : "Saya kalau memakai LKPI kalau setiap turun survei dilapangan pasti mendapatkan laporan dari tim-tim saya bahwa sedang ada wawancara dilapangan dari tim LKPI. Objektifitas dan akurasi data survei yang disajikan tidak pernah jauh berbeda dengan hasil akhir dalam pilkada dan ini terbukti sejak saya maju di pilkada Kab. OKU Timur sampai pilkada Gubernur Sumatera Selatan 2018. Semoga akurasi data survei LKPI tetap terjaga."

"H. DODI REZA ALEX NOERDIN (BUPATI KABUPATEN MUSIBANYUASIN 2017-2022). "Angka-angka yang ditampilkan hasil survei LKPI tidak jauh berbeda dengan hasil akhir yang terjadi. Disini letak prediksi survei LKPI yang saya lihat akurasi dan presisinya sangat baik. Marjin of errornya sangat mendekati dari hasil final dari lembaga penyelenggara pilkada. Tetap kedepankan objektifitas dalam kegiatan ilmiah ini"."

"H.ASWARI RIVAI (BUPATI LAHAT PERIODE 2008-2018)...."Saya yakin dengan menggunakan LKPI karena apa yang ditampilkan dari temuan surveinya bisa memberikan arahan bagi tim pendukung dan kandidat untuk melangkah kedepan. Saran-saran dari temuan survei LKPI sangat mudah untuk dicerna dan diimplementasikan di lapangan. Hasil akhir prediksi surveinya juga sangat mendekati dari hasil akhir sesuai dengan hasil akhir KPUD".

"BUPATI KABUPATEN MUSIRAWAS, H. HENDRA GUNAWAN ,PERIODE 2015-2020). "Potret survei LKPI merupakan cerminan apa yang saya kerjakan dimasyarakat. Saya memakai data itu untuk melihat keinginan masyarakat dan kekurangan yang harus saya perbaiki dan akan lakukan. Data-data survei yang ditampilkan apa adanya sangat berguna bagi saya untuk melangkah kedepan dan sebagai pembanding juga dari data-data lainnya yang saya miliki. Semoga tetap menjaga kesucian data surveinya terus kedepan"

"H. HENDRI ZAINUDIN (ANGGOTA DPD RI PERIODE 2014-2019). "Acuan saya melangkah adalah data data survei. Saya memakai data LKPI karena yakin apa yang ditemukan dilapangan sama dengan prediksi saya. Ini yang membuat saya tidak ragu melangkah karena arahan dan masukkan dari data survei itu jelas, tepat dan terukur. Secara objektifitas, saya tidak meragukan data survei LKPI yang mengedepankan kesucian data temuan survei di lapangan."

"WALIKOTA LUBUK LINGGAU DUA ( 2013-2024). "Sudah banyak para kepala daerah yang menggunakan jasa survei LKPI dan tidak diragulan lagi. Saya sendiri sudah memakai jasa survei LKPI sejak awal saya maju sebagai walikota. Para peneliti LKPI yang muda dan smart dan latarbelakang pengalaman survei yang panjang serta menguasai teori dan praktek dilapangan patut diacungkan jempol. Prediksi surveinya juga kecil sekali bedanya dengan hasil akhir yang ada."

"H. ALEX NOERDIN (GUBERNUR SUMATERA SELATAN DUA PERIODE, 2005-2018). "Alhamdulilah, selama ini LKPI sudah banyak dipakai para calon kepala daerah dan anggota legislatif yang ikut dalam pemilukada dan pemilihan legislatif. Hasil-hasil survei LKPI bisa dipercaya dan akurat. Temuan ilmiah survei dilapangan dengan kontrol yang ketat dan data yang disajikan juga ptesus. Saya yakin kedepan, LKPI akan banyak dipergunakan para kandidat yang akan maju dalam kontestasi pilkada serta para pemimpin yang akan membuat kebijakan dimasyarakat ."